SEO - Search Engine Optimization

by - Rabu, Juni 25, 2014

Definisi - Pengertian
Untuk apa pengertian? masa' sih loe gak tau. ngerti dikit donk, peka dikit donk (ce ileh, setidaknya itu yg pernah dikatain eks gue, #gagalmoveon #husssh

Pertama, kita belajar pengertian dari mbah Wikipedia, the Master of Definition ce ileeeh  berkata "Search engine optimization (SEO) is the process of affecting the visibility of a website or a web page in a search engine's "natural" or un-paid ("organic") search results. In general, the earlier (or higher ranked on the search results page), and more frequently a site appears in the search results list, the more visitors it will receive from the search engine's users. SEO may target different kinds of search, including image searchlocal searchvideo searchacademic search,[1] news search and industry-specific vertical searchengines." 

Bisa translate? hadeuh. Nih saya kasih yang bahasa sansekerta kuno, eh bahasa Indonesia
"Optimisasi mesin pencari (bahasa InggrisSearch Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut."

Udah ngerti? oke deh, saya jelasin menurut pandangan saya, Muhammad M Nur
"SEO adalah sebuah cara untuk memudahkan calon pengunjung untuk mencari blog kita dengan tujuan memperbanyak post. Misal, sang calon pengunjung mencari keyword atas apa yang mereka butuhkan dan dengan SEO kita bisa muncul di urutan nomor 1 hasil pencarian atau paling canggihnya berada di halaman pertama hasil pencarian."

Nah, lho. Apa hubungannya pengunjung banyak dengan hidup TS sang pemilik tunggal blog?
Untuk cari duit donk, makin banyak pengunjung, berarti makin naik PR blog kita, berarti makin banyak Advertiser berlomba memasang iklan mereka di blog kita yang berarti kita mendapatkan uang dari setiap iklan yang kita tempel di blog kita.

Diatas adalah contoh kecil dari efek positif dari sekian banyak efek positif lainnya yang bisa anda dapatkan nantinya. 
Namun, dengan efek positif yang menggiurkan, agan bakalan dapat efek negatif yang sangat merugikan agan maupun blog agan. Yaitu blog agan bakalan dimasukkan ke dalam SandBox nya Google yang berarti blog agan akan jauh hilang ke bawah entah kemana. Takut? ane juga.

Nah, pasti agan pasti bertanya - tanya, Gimana sih cara daftar SEO??
Caranya gampang, kita cukup daftarkan link blog ke SEO Google, lalu kita rawat blog dengan selalu rajin posting minimal 1xSehari dengan tentunya tema yang sama. Kita juga bisa ikutan lomba SEO yang banyak beredar di Google, itu juga akan menambah rating blog kita.
oke, ane bakal jelasin. Tapi ane hanya akan membimbing daftar sampai ke Google saja, selebihnya untuk optimasi silahkan cari di Google.

Ingat, Google punya Algoritma sendiri dalam menentukan Rank dan silahkan agan tanyain ke mbah Google gmana penilaian doi.

Cara daftarkan diri ke WebMaster tool Google
Pertama, agan masuk dulu ke situs Google WebMaster tool. Lalu akan muncul tampilan seperti ini

Kedua, kita masukkan alamat web/blog yang akan kita lakukan SEO. Saya memasukkan alamat blog saya tercinta yaitu emnur.blogspot.com. Lalu klik Tambahkan Situs.


Ketiga, situs agan pasti sudah didaftarkan. Lalu agan akan dialihkan ke halaman dasboard tempat dimana agan memantau. Berikut contoh yang ada di Blog saya.


Sekian tutorial mengenai daftar nya. Selebihnya agan bisa belajar dari master SEO yang banyak bertebaran di Google, disini saya hanya memberikan gambaran umum dan dasar tentang SEO. Jika anda mencari mendetail, maka agan seharusnya tidak membaca ini.

Mari kita lanjutkan.

Muncul kasus, karena keseringan dan asyik dengan SEO dan terlalu berlebihan mengejar feedlist paling terlalu bersemangat, sehingga Google mendeteksi itu adalah sebuah spam dan blog agan berakhir di SandBox Google, otomatis apa yg agan perjuangin bakal hilang. Tapi tenang, gak selamanya kok.

Mau tau cara melepaskannya?
oke, mari kita bahas

sebenarnya ane gak tau dan masih butuh banyak belajar lagi, jadi ane kumpulin beberapa data yang ane dapatkan di Google.
Look at the Picture

Nah, penjelasan saya cukup sampai disini dulu. Jika ada tambahan bakal saya update ke postingan selanjutnya. So, pantengin terus blog ane ini.
Seperti biasa, jika ingin menanyakan boleh komentar.


You May Also Like

3 comments